Senin, 25 Agustus 2014

Hadits tentang Perencanaan Kurikulum



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Rencana kerja sekolah atau madrasah tahunan adalah rencana operasional yang disusun berdasarkan program, sasaran dan kegiatan yang akan dilakukan pertahun guna merealisasikan pencapaian standar pendidikan yang diharapkan.
Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama. Biasanya satu program mencakup seluruh kegiatan yang berada dibawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.[1]

Salah satu contoh program yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan adalah menyusun kurikulum pendidikan, yang disesuaikan dengan keadaan serta perkembangan pendidikan pada waktu itu, sehingga kurikulum pendidikan memiliki standarisasi tersendiri untuk mencapai tujuan pendidikannya.
Sebagai lembaga pendidikan Islam yang notabene berlandaskan Al-Qur’an dan hadits, maka setiap komponen pendidikan didalamnya juga bersumber dari keduanya. Sehingga, pada makalah ini kami membahas salah satu komponen pendidikan yaitu kurikulum.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana rangkaian hadits yang berhubungan dengan perencanaan kurikulum?
2.      Bagaimanakah Fiqhul Haditsnya??
C.    Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui hadits yang berhubungan dengan perencanaan kurikulum.
2.      Untuk mengetahui Fiqhul Haditsnya

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Hadits yang berhubungan dengan teori perencanaan kurikulum
1.      Hadits dan terjemahnya
عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُما قَالَ : أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكَبَىْ فَقَالَ: كُنْ فِى الدُّنْيَا كَاَنَّكَ غَرِيْبٌ اَوْ عَابِرٌ سَبِيْلٌ . كَانَ ابْن عُمَرَعنهما يَقُوْلُ إِذَا اَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِر الصَّبَاحَ وَ إِذَا اَصْبَحَت فَلَا تَنْتَظِرُ الْمَسَاءَ وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرضكَ وَ مِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ 
Artinya : Dari Ibnu Umar R.A ia berkata, Rasulullah SAW telah memegang pundakku, lalu beliau bersabda: “Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan perantau (orang asing) atau orang yang sedang menempuh perjalanan. Ibnu Umar berkata: “Jika engakau diwaktu sore maka jangan menunggu sampai waktu pagi dan sebaliknya, jika engkau diwaktu pagi maka janganlah menunggu sampai diwaktu sore, dan gunakanlah sehatmu untuk sakitmu, dan gunakanlah hidupmu untuk matimu” . (HR.Ibnu Umar)[2]
2.      Biografi rowi[3]
Abdullah bin umar adalah putra khalifah ke dua Umar bin al-Khaththab saudara kandung Sayidah Hafshah Ummul Mukminin. Ia salah seorang diantara orang-orang yang bernama Abdullah (Al-Abadillah al-Arba’ah) yang terkenal sebagai pemberi fatwa. Tiga orang lain ialah Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Amr bin al-Ash dan Abdullah bin az-Zubair.
Ibnu Umar dilahirkan tidak lama setelah Nabi diutus. Umurnya 10 tahun ketika ikut masuk bersama ayahnya. Kemudian mendahului ayahnya ia hijrah ke Madinah. Pada saat perang Uhud ia masih terlalu kecil untuk ikut perang. Dan ayahnya tidak mengizinkannya. Tetapi setelah selesai perang Uhud ia banyak mengikuti peperangan, seperti perang Qadisiyah, Yarmuk, Penaklukan Afrika, Mesir dan Persia, serta penyerbuan basrah dan Madain.
Ia wafat pada tahun 73 H. ada yang mengatakan bahwa Al-Hajjaj menyusupkan seorang kerumahnya yang lalu membunuhnya. Dikatakan mula mula diracun kemudian di tombak dan di rejam. Pendapat lain mengatakan bahwa ibnu Umar meninggal secara wajar.
Sanad paling shahih yang bersumber dari ibnu Umar adalah yang disebut Silsilah adz- Dzahab (silsilah emas), yaitu Malik, dari Nafi’, dari Abdullah bin Umar. Sedang yang paling Dlaif : Muhammad bin Abdullah bin al-Qasim dari bapaknya, dari kakeknya, dari ibnu Umar.

3.      Takhrij Al-hadits
حديث احمد[4]
§        حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ لَيْثٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبَعْضِ جَسَدِي فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ وَاعْدُدْ نَفْسَكَ فِي الْمَوْتَى
-حديث البخاري[5]
§        حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَبُو المُنْذِرِ الطُّفَاوِيُّ عَنْ سُلَيْمَانَ الْأَعْمَشِ قَالَ حَدَّثَنِي مُجَاهِدٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُولُ إِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الصَّبَاحَ وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الْمَسَاءَ وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ
- عن مجاهد عن ابن عمر قال أخذ رسول الله {صلى الله عليه وسلم} بمنكبي فقال كن في الدنيا كأنك غريبٌ أو عابر سبيل وكان ابن عمر يقول إذا أمسيت فلا تنتظر الصباح وإذا أصبحت فلا تنتظر المساء وخذ من صحتك لمرضك ومن حياتك لموتك.[6]
 -مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ بَكْرحدثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِالرَّحْمَنِ الطَّفَاوِيُّ حد ثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنِ ابْنِ عُمَر قَالَ: أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبَيَّ وَقَالَ:كُنْ فِي الدُّنْيَا كَالْغَرِيْبِ أَوْ كَعَابِرِ سَبِيْل.
قَالَ: وكَانَ ابْنُ عُمَر يَقُوْلُ: إِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ وَإِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ الصَّبَاح وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ.رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ عَنْ عَلِيِّ بْن الْمَدِيْنِيِّ عَنِ الطَّفَاوِيِّ[7]
          أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ : مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو عَلِىٍّ : الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِىِّ بْنِ يَزِيدَ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا عَلِىُّ بْنُ الْمَدِينِىِّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الطُّفَاوِىُّ أَبُو الْمُنْذِرِ وَكَانَ ثِقَةً عَنْ سُلَيْمَانَ الأَعْمَشِ حَدَّثَنِى مُجَاهِدٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِمَنْكِبِى فَقَالَ :« كُنْ فِى الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ ». قَالَ وَقَالَ لِى ابْنُ عُمَرَ : إِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ وَإِذَا أَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ وَخُذْ مِنْ حَسَنَاتِكَ لِمَسَاوِيكَ ». رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ فِى الصَّحِيحِ عَنْ عَلِىِّ بْنِ الْمَدِينِىِّ.[8]
          حدثنا محمود بن غيلان حدثنا ابو أحمد حدثنا سفيان عن ليث عن مجاهد عن ابن عمر قال : أخذ رسول الله صلى الله عليه و سلم ببعض جسدي فقال كن في الدنيا كأنك غريب أو عابر سبيل وعد نفسك في أهل القبور فقال لي أين عمر إذا أصبحت فلا تحدث نفسك بالمساء وإذا أمسيت فلا تحدث نفسك بالصباح وخذ من صحتك قبل سقمك ومن حياتك قبل موتك فإنك لا تدري يا عبد الله ما اسمك غدا
 قال أبو عيسى وقد روى هذا الحديث الأعمش عن مجاهد عن ابن عمر نحوه حدثنا أحمد بن عبدة الضبي البصري حدثنا حماد بن زيد عن ليث عن مجاهد عن ابن عمر عن النبي صلى الله عليه و سلم نحوه. [9]
          حدثنا محمد بن السري بن مهران الناقد ثنا عمرو بن محمد الناقد ( ح ) وحدثنا يوسف القاضي وحدثنا محمد بن أبي بكر المقدمي قالا : حدثنا محمد بن عبد الرحمن الطفاوي حدثنا الأعمش عن مجاهد عن ابن عمر : قال : أخذ رسول الله صلى الله عليه و سلم بمنكبي فقال : ( كن في الدنيا كالغريب أو كعابر السبيل )[10]
          كن فى الدنيا كأنك غريب أو عابر سبيل وعد نفسك من أهل القبور (ابن المبارك ، وأحمد ، والترمذى ، وابن ماجه عن ابن عمر)[11]
          يا عبد الله بن عمر كن فى الدنيا كأنك غريب أو عابر سبيل وأعد نفسك مع الموتى (هناد عن ابن عمر)[12]
          وعن ابن عمر رضي الله عنهما ، قَالَ : أخذ رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بِمَنْكِبَيَّ ، فقال : (( كُنْ في الدُّنْيَا كَأنَّكَ غَرِيبٌ ، أَو عَابِرُ سَبيلٍ )) .
وَكَانَ ابن عُمَرَ رضي الله عنهما ، يقول : إِذَا أمْسَيتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ المَسَاءَ ، وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ ، وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ . رواه البخاري .[13]
4.      Tahlilul Al-lafdhi[14]
بمنكبي : بفتح الميم وكسر الكاف _ مجمع العضد والكتف . ويروى بالإفراد والتثنية
والمنكب هو أعلى الكتف، وهو -كما يقال- أعلى شيء وأقواه في جسم الإنسان، ومنه يقول بعض العلماء في التوجيه الاجتماعي في قوله تعالى: { هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا } [الملك:15]، أي: في جميع أجزائها، قمم جبالها، وسفوحها، وكل شيء منها؛ لتستخرجوا ما أودعه الله سبحانه وتعالى فيها من كنوز، فالمنكب هو أعلى الكتف، وهو أقوى موضع في جسم الإنسان، ويمكن أن يحمل عليه الأشياء الثقيلة.[15]
كأنك غريب : لا يجد من يستأنس به ، ولا مقصد له إلا الخروج عن غربته إلى وطنه من غير أن ينافس أحدا.
أو عابر سبيل : المار في الطريق ، الطالب وطنه ، و(أو) بمعنى بل ، من قبيل الترقي من الغريب الذي ربما تطمئن نفسه إلى بلد الغربة إلى عابر السبيل الذي ليس كذلك .
فلا تنتظر الصباح : بأعمال الليل .
فلا تنتظر المساء : لأن لكل من الصباح والمساء عملا يخصه إذا أخر عنه لم يستدرك كماله وإن شرع قضاؤه .
وخذ من صحتك لمرضك : اغتنم العمل حال الصحة فإنه ربما عرض مرض مانع منه ، فتقدم الميعاد بغير زاد . اغتنم أيام صحتك بالأعمال التي تنفعك عند الله تعالى بعد موتك[16]
ومن حياتك لموتك : اعمل في حياتك ما تلقى نفعه بعد موتك ، فإنه ليس بعد الموت إلا انقطاع العمل, إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا ثلاث : صدقة جارية , أو علمٍ ينتفع به , أو ولد صالح يدعو له [17]-

5.      Asy-syarhu Al-hadits
Imam Abul Hasan Ali bin Khalaf dalam syarah Bukhari berkata bahwa Abu Zinad berkata : “Hadits ini bermakna menganjurkan agar sedikit bergaul dan sedikit berkumpul dengan banyak orang serta bersikap zuhud kepada dunia”. Abul Hasan berkata : “Maksud dari Hadits ini ialah orang asing biasanya sedikit berkumpul dengan orang lain sehingga dia terasing dari mereka, karena hampir-hampir dia hanya berkumpul dan bergaul dengan orang ini saja. Ia menjadi orang yang merasa lemah dan takut. Begitu pula seorang pengembara, ia hanya mau melakukan perjalanan sebatas kekuatannya. Dia hanya membawa beban yang ringan agar dia tidak terbebani untuk menempuh perjalanannya. Dia hanya membawa bekal dan kendaraan sebatas untuk mencapai tujuannya. Hal ini menunjukkan bahwa sikap zuhud terhadap dunia dimaksudkan untuk dapat sampai kepada tujuan dan mencegah kegagalan, seperti halnya seorang pengembara yang hanya membawa bekal sekadarnya agar sampai ke tempat yang dituju. Begitu pula halnya dengan seorang mukmin dalam kehidupan di dunia ini hanyalah membutuhkan sekadar untuk mencapai tujuan hidupnya.
Al ‘Iz ‘Ala’uddin bin Yahya bin Hubairah berkata : “Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam menganjurkan untuk meniru perilaku orang asing, karena orang asing yang baru tiba di suatu negeri tidaklah mau berlomba di tempat yang disinggahinya dengan penghuninya dan tidak ingin mengejutkan orang lain dengan melakukan hal-hal yang menyalahi kebiasaan mereka misalnya dalam berpakaian, dan tidak pula menginginkan perselisihan dengan mereka. Begitu pula para pengembara tidak mau membuat rumah atau tidak pula mau membuat permusuhan dengan orang lain, karena ia menyadari bahwa dia tinggal bersama mereka hanya beberapa hari. Keadaan orang merantau dan pengembara semacam ini dianjurkan untuk menjadi sikap seorang mukmin ketika hidup di dunia, karena dunia bukan merupakan tanah air bagi dirinya, juga karena dunia membatasi dirinya dari negerinya yang sebenarnya dan menjadi tabir antara dirinya dengan tempat tinggalnya yang abadi.[18]
Orang asing jelas berbeda dengan penduduk menetap. Orang yang merasa tinggal sementara di suatu tempat, kampung, negeri, tidak akan mau disibukkan hal-hal yang menyita waktunya. Ia akan berfikir bahwa waktunya singkat sementara tugasnya harus selesai tepat waktu, sehingga ia harus benar-benar berhitung dengan waktu, supaya waktunya tidak terbuang untuk hal-hal yang tak bermanfaat baginya. Kalau hadits ini kita tarik pada kehidupan kita di dunia, subhanallah, kita menyadari bahwa hidup kita selama ini telah berada pada posisi yang salah. Kita justru merasa betah dengan kehidupan dunia, dan membayangkan hidup ini akan berlangsung lama sekali.
Kehidupan orang yang singgah sebentar di suatu tempat jelas berbeda dengan hidup seperti yang kita gambarkan di atas. Orang yang singgah (transit) tidak akan mau disibukkandengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Ia hanya menyelesaikan tugas-tugasnya dan bersiap-siap untuk meninggalkan tempat itu dan menyiapkan apa yang harus dibawanya ke tempat tujuan. Beginilah filosofi orang yang singgah di suatu tempat. Atau seperti penyeberang di jalan. Perumpamaan inipun sama dalamnya dengan pengertian ‘orang asing’. Penyeberang di jalan tidak akan mau berlama-lama dalam penyeberangannya. Kalau bisa secepat mungkin ia harus berlalu. Begitu pula umpama musafir yang beristirahat sejenak di bawah pohon melepas lelahnya. Apakah tempat istirahat di bawah pohon berubah menjadi tempat menetap. Tentu tidak.
Adapun perkataan Ibnu Umar “Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sore” merupakan anjuran agar setiap mukmin senantiasa siap menghadapi kematian, dan kematian itu dihadapi dengan bekal amal shalih. Ia juga menganjurkan untuk mempersedikit angan-angan. Janganlah menunda amal yang dapat dilakukan pada malam hari sampai datang pagi hari, tetapi hendaklah segera dilaksanakan. Begitu pula jika berada di pagi hari, janganlah berbiat menunda sampai datang sore hari dan menunda amal di pagi hari sampai datang malam hari.
Begitu pula “waktu hidupmu sebelum kamu mati” mengingatkan agar mempergunakan masa hidupnya, karena angan-angannya lenyap, serta akan muncul penyesalan yang berat karena kelengahannya sampai dia meninggalkan kebaikan. Hendaklah ia menyadari bahwa dia akan menghadapi masa yang panjang di alam kubur tanpa dapat beramal apa-apa dan tidak mungkin dapat mengingat Allah. Oleh karena itu, hendaklah ia memanfaatkan seluruh masa hidupnya itu untuk berbuat kebajikan. Alangkah padatnya Hadits ini, karena mengandung makna-makna yang baik dan sangat berharga.
Sebagian ulama berkata : “Allah mencela angan-angan dan orang yang panjang angan-angan”.Firman-Nya : “Biarkanlah mereka (orang-orang kafir) makan dan bersenang-senang serta dilengahkan oleh angan-angan, maka kelak mereka akan mengetahui akibatnya”. (QS. 15 : 3)
Ali bin Abu Thalib berkata : “Dunia berjalan meninggalkan (manusia) sedangkan akhirat berjalan menjemput (manusia) dan masing-masingnya punya penggemar, karena itu jadilah kamu penggemar akhirat dan jangan menjadi penggemar dunia. Sesungguhnya masa ini (hidup di dunia) adalah masa beramal bukan masa peradilan, sedangkan besok (hari akhirat) adalah masa peradilan bukan masa beramal”.
Anas berkata bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam pernah membuat beberapa garis, lalu beliau bersabda : “Ini adalah manusia dan ini adalah angan-angannya dan ini adalah ajalnya ketika ia berada dalam angan-angan tiba-tiba datang kepadanya garisnya yang paling dekat (yaitu ajalnya)”.
Hadits ini memperingatkan agar orang mempersedikit angan-angan karena takut kedatangan ajalnya yang tiba-tiba dan selalu ingat bahwa ajalnya telah dekat. Barang siapa yang mengabaikan ajalnya, maka patutlah dia didatangi ajalnya dengan tiba-tiba dan diserang ketika ia dalam keadaan terperdaya dan lengah, karena manusia itu sering terperdaya oleh angan-angannya.
Abdullah bin Umar berkata : “Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam melihat aku ketika aku dan ibuku sedang memperbaiki salah satu pagar milikku. Beliau bertanya:
‘sedang melakukan apa ini wahai Abdullah?’Saya jawab : ‘Wahai Rasulullah, telah rapuh pagar ini, karena itu kami memperbaikinya’. Lalu beliau bersabda : ‘Kehidupan ini lebih cepat dari rapuhnya pagar ini’.
 قال عبدالله بن عمر رضي الله عنهما : [ رآني رسول الله صلى الله عليه و سلم وأنا أطين حائطا لي أنا وأمي فقال : ما هذا يا عبد الله ؟ فقلت : يا رسول الله قد وهى فنحن نصلحه فقال : الأمر أسرع من ذلك ][19]
Seorang musafir sadar betul bahwa ia akan segera meninggalkan tempat itu. Oleh karenanya ia tidak merencanakan untuk berlama-lama di situ. Begitu lelahnya sudah pergi, ia kembali meneruskan perjalanan. Begitu pulalah hidup di dunia. Manusia tida boleh disibukkan dengan perhiasan (assesoris), dan keindahan dunia yang membuai. Karena ia tidak akan hidup lama di dunia. Yang ia harus siapkan adalah bekal dirinya hidup di akhirat yang abadi.
Hadits di bawah ini menggambarkan bagaimana Rasulullah memandang dunia ini dan memperlakukannya sebagai sesuatu yang hina. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Tuhankn pernah menawarkan kepadaku untuk merubah lembah Makkah menjadi emas. Lalu aku katakan: Tidak, ya Tuhanku. Yang aku inginkan, aku sehari kenyang dan hari berikutnya lapar”. Ia mengatakannya tiga kali atau ucapan serupa itu. “Maka ketika aku lapar, aku mengadu kepadaMu dengan segala kerendahan.
Ungkapan Ibnu ‘Umar itu menggambarkan pola hidup generasi awal yang tidak mau disibukkan oleh urusan dunia. Karena mereka berfikir, bahwa dunia hanya tempat singgah sementara. Begitu juga dalam soal akhirat, mereka tidak mau menunda-nunda amal dan kethoatan.[20]
Hadits Bukhari yang bersanad ;Ali bin ‘Abdillah,Muhammad bin ‘Abdurrahman Abdul-Mundzir At-Thufawy, Sulaiman Al-A’masy, Mujahid dan Ibnu Umar r.a. ini adalah hadits mauquf. Sebab kalimat tersebut adalah perkataan Ibnu Umar sendiri, tidak ada petunjuk kalau itu sabda Rasulullah SAW yang ia ucapkan setelah ia menceritakan bahwa Rasulullah memegang bahunya dengan bersabda,
كن فى الدنيا كأنك غريب او عابر سبيل

“Jadilah kamu di dunia ini bagaikan orang asing atau orang yang lewat dijalanan.”[21]

            Adapun hukum hadits mauquf, pada prinsipnya, tidak dapat dibuat hujjah, kecuali ada qarinah yang menunjukkan (yang menjadikan marfu’)[22].
B.     Fiqhul Hadits
·        -مس المعلم أعضاء المتعلم عند التعليم للتأنيس والتنبيه .
·        الابتداء بالنصيحة والإرشاد لمن لم يطلب ذلك .
·        مخاطبة الواحد وإرادة الجمع(ithlaqul juz wa iradatul kul: pen)  ، فإن هذا لا يخص ابن عمر ، بل يعم جميع الأمة .
·        الحض على ترك الدنيا والزهد فيها ، وألا يأخذ منها الإنسان إلا مقدار الضرورة المعينة على الآخرة.
·        التحذير من الرذائل ، إذ الغريب لقلة معرفته بالناس قليل الحسد والعداوة ، والحقد والنفاق ، والنزاع وجميع الرذائل التي تنشأ بالاختلاط بالخلائق ولقلة إقامته قليل الدار والبستان والمزرعة ، وسائر الأشياء التي تشغل عن الخالق من لم يوفقه الله .
·        تقصير الأمل ، والاستعداد للموت[23]
·        أن ينبغي للعاقل ما دام باقياُ والصحة متوفرة أن يحرص على العمل قبل أن يموت فينقطع عمله , ومنها أن ينبغي للمعلم أن يفعل الأسباب التي يكون فيها انتباه المخاطب لأن النبي صلى الله عليه وسلم أخذ بمنكبي عبدالله بن عمر رضي الله عنهما[24] .(kalau diaplikasikan dalam proses belajar mengajar, maka hendaknya seorang guru menggunakan metode agar murid dapat menerima pelajaran dengan baik. Pen.)
·        فضيلة عبدالله بن عمر رضي الله عنهما حيث تأثر بهذه الموعظة من رسول الله صلى الله عليه وسلم.[25]
1)      Kehidupan di dunia adalah kehidupan sementara, akhirat jua yang kekal abadi. Karena itu, manusia diminta agar mengambil berat soal akhirat dan mengambil dunia seumpama seorang musafir lalu atau seorang dagang, yang hanya membawa barang keperluan di perjalanan, bukan membawa semua barang-barang.
2)      Seorang mukmin tidak harus memanjangkan angan-angannya, kerana dia terdedah kepada panggilan maut pada bila-bila masa. Dia semesti sentiasa berwaspada menghadapi maut. Apabila pagi tiba, seolah-olah dia tidak akan hidup hingga ke petang dan apabila tiba waktu petang, dia merasa seola-olah dia tidak sempat menghirup udara pagi esoknya.
3)      Larangan memanjangkan angan-angan dan gesaan agar hidup secara sederhana tidak bermakna lslam menghalang kemajuan dan kekayaan. lslam membenarkan penganutnya menjadi hartawan dan negara lslam menjadi sebuah negara maju tetapi dengan syarat menjadi seorang mukmin dan negara lslam yang bertaqwa. Kemajuan dan kekayaan adalah untuk Allah.[26]
4)    Seorang pengembara hanya mau melakukan perjalanan sebatas kekuatannya artinya bahwa suatu kurikulum harus berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan tidak menyimpang sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
5)    Para pengembara tidak langsung mau membuat rumah atau tidak pula mau membuat permusuhan dengan orang lain artinya bahwa kurikulum harus dipikir dan ditentukan secara matang agar tidak terjadi pertentangan didalamnya.
6)      Dunia membatasi dirinya dari negerinya yang sebenarnya dan menjadi tabir antara dirinya dengan tempat tinggalnya yang abadi artinya bahwa ada batasan-batasan tertentu dalam menentukan kurikulum, seperti perbedaan antara kurikulum sekolah umum dan sekolah madrasah.
7)    Senantiasa siap menghadapi kematian dan tidak memperpanjang angan-angan artinya bahwa kurikulum yang sudah berjalan harus dilaksanakan dengan baik. Dan dijalani apa yang sudah ada, sesuai keadaan lapangan.
8)      “Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sore” .jika kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka hendaknya kita bisa me-manage waktu kita. Agar kita tidak tertinggal oleh amal yang hendak kita kerjakan. Bersiap siaga melakukannya tepat waktu (pen.).









BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan Hadits yang diriwayatkanoleh Ibnu Umar, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
·        -مس المعلم أعضاء المتعلم عند التعليم للتأنيس والتنبيه .
·        الابتداء بالنصيحة والإرشاد لمن لم يطلب ذلك .
·        مخاطبة الواحد وإرادة الجمع ، فإن هذا لا يخص ابن عمر ، بل يعم جميع الأمة .
·        الحض على ترك الدنيا والزهد فيها ، وألا يأخذ منها الإنسان إلا مقدار الضرورة المعينة على الآخرة.
·        التحذير من الرذائل ، إذ الغريب لقلة معرفته بالناس قليل الحسد والعداوة ، والحقد والنفاق ، والنزاع وجميع الرذائل التي تنشأ بالاختلاط بالخلائق ولقلة إقامته قليل الدار والبستان والمزرعة ، وسائر الأشياء التي تشغل عن الخالق من لم يوفقه الله .
·        تقصير الأمل ، والاستعداد للموت
·         Seorang pengembara hanya mau melakukan perjalanan sebatas kekuatannya artinya bahwa suatu kurikulum harus berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan tidak menyimpang sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
·         Para pengembara tidak mau membuat rumah atau tidak pula mau membuat permusuhan dengan orang lain artinya bahwa kurikulum harus ditentukan dengan matang agar tidak terjadi pertentangan didalamnya.
·         Dunia membatasi dirinya dari negerinya yang sebenarnya dan menjadi tabir antara dirinya dengan tempat tinggalnya yang abadi artinya bahwa ada batasan-batasan tertentu dalam menentukan kurikulum, seperti perbedaan antara kurikulum sekolah umum dan sekolah madrasah.
·         Senantiasa siap menghadapi kematian dan tidak mudah berangan-angan artinya bahwa kurikulum yang sudah berjalan harus dilaksanakan dengan baik.(pen.)




B.     Kritik dan saran

Berbagai macam upaya dilakukan oleh lembaga pendidikan guna menjadikan pendidikan lebih baik dari sebelumnya, termasuk mengadakan perencanaan kurikulum. Perencanaan kurikulum bukan hanya sekedar menata ulang program pendidikan akan tetapi juga memperbaiki kurikulum sebelumnya dengan pertimbangan yang matang, agar dapat diterima oleh semua kalangan.
Semakin maju pesatnya media pembelajaran menjadikan model pendidikan semakin maju, dan salah satu yang perlu diingat bahwa tujuan pendidikan adalah menjadikan serta mencetak generasi penerus bangsa yang lebih baik. Semoga kita tidak terlena oleh kemajuan-kemajuan dalam dunia pendidikan, dan Semoga kita dapat menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik dan dapat memanfaatkan ilmu yang kita dapat. Amin...


















DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Al-Hasyimi, Sayid, Terjemah Mukhtarul Ahadis,Pustaka Amani Jakarta(1995)
Buku Terjemah Arba’in Nawawi, sumber dari http:ll www.geocities.coml bahantarbiyyah dalam program pdf
http://www.ksaislam.com/vb/showthread.php?p=160028
Muhaimin, H. Prof. Dr, M.A. dkk., Manajemen Pendidikan, prenada media group cet 2
Solahudin, M. Drs. M. Ag & Suyadi, Agus, Lc. M. Ag. Ulumul hadits (pustaka setia, bandung : 2009)cet-1
مسند احمد , أحمد بن حنبل أبو عبدالله الشيباني, hadits ke-4764, juz 8
حيح البخاري , محمد بن إسماعيل أبو عبدالله البخاري الجعفي, hadits ke-6035, juz 5
  , الباب أفراد البخاري, الجزء الثاني الجمع بين الصححين البخاري و المسلم محمد بن فتوح الحميدي
للبيهقى الْأَرْبَعُوْنَ الصُّغْرَى تَأْلِيْفٌ ا حْمَد بْن الْحُسَيْن بْنِ عَلِيٍّ،الْبَيْهَقِيُّ،أَبُوْ بَكْر, دَارُ الْكِتَاب الْعَرَبِيِّ بَيْرُوْت,
السنن الكبرى للبيهقي وفى ذيله الجوهر النقي, أبو بكر أحمد بن الحسين بن علي البيهقي , مجلس دائرة المعارف النظامية الكائنة في الهند ببلدة حيدر آباد, الطبعة : الأولى ـ 1344 هـ , juz 3
الجامع الصحيح سنن الترمذي  , محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي , دار إحياء التراث العربي - بيروت, الباب قصر الأمل, juz 4
المعجم الكبير ,سليمان بن أحمد بن أيوب أبو القاسم الطبراني, مكتبة العلوم والحكم – الموصل, juz 12
الإمام جلال الدين السيوطي, جامع الأحاديث, juz 15
رياض الصالحين, أبي زكريا يحيى بن شرف بن مرّي النووي , المكتب الإسلامي – بيروت, juz 1
العلامة/صالح بن عبد العزيزال شيخ, شرح الأربعين النووية
الأربعون النووية بتعليقات الشيخ ابن عثيمين , juz 1
فتح الباري على صحيح البخاري  , أحمد بن علي بن حجر أبو الفضل العسقلاني الشافعي, دار المعرفة - بيروت 1379
التحفة الربانية شرح الأربعين النووية ,  فضيلة الشيخ العلامة / إسماعيل بن محمد الأنصاري ( يرحمه الله ), الباحث في دار الإفتاء بالمملكة العربية السعودية


TEORI PERENCANAAN KURIKULUM DALAM PRESPEKTIF HADITS
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Hadits Tarbawi



Description: LOGO STI-BF 1.jpg
 









DOSEN PENGAMPU :
KH. Abdul Kholiq Hasan, M. HI.

OLEH :
Nur Lailatus Shofa
Nur Hidayati
Hayati Azizah



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI ISLAM BANI FATTAH TAMBAKBERAS JOMBANG
2013

KATA PENGANTAR
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Alhamdulillahirobbil’alaamiin, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Berkat rahmat, hidayah dan ma’unah-Nyalah kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul,” TEORI PERENCANAAN KURIKULUM DALAM PRESPEKTIF HADITS” guna memenuhi tugas mata kuliah Hadits Tarbawi.
Sholawat dan salam mudah-mudahan senantiasa dilimpahkan kepada Baginda Rosulullah Muhammad SAW. Semoga kita semua menjadi pengikutnya yang terbaik sehingga  mendapat syafa’atnya dihari akhir.aamiin.
Dalam makalah ini kami membahas tentang Hadits yang berkenaan dengan masalah perencanaan kurikulum pendidikan disekolah yang diantaranya membahas tentang seluk beluk hadits sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam perencanaan kurikulum. Namun sepenuhnya penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Maka penulis sangat mengharapkan teguran, kritikan, serta saran agar kami dapat memperbaikinya pada makalah-makalah yang lain.

Jombang, 13 Februari 2013
                                                     Penyusun,








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................. iii
BAB I : PENDAHULUAN........................................................................................... 1
A.     Latarbelakang.............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 1
C.    Tujuan Pembahasan..................................................................................... 1
BAB II:PEMBAHASAN.............................................................................................. 2
1.      Hadits yang berhubungan dengan perencanaan kurikulum......................... 2
a.    Hadits dan terjemahnya.......................................................................... 2
b.    Biografi Rowi......................................................................................... 2
c.    Takhrij Al-Hadits.................................................................................... 3
d.   Tahlilul Al-lafdhi..................................................................................... 5
e.    Asy-syarhu Al-Hadits............................................................................. 6
2.      Fiqh Al-Hadits............................................................................................. 9
BAB III : PENUTUP..................................................................................................... 12
A.    Kesimpulan.................................................................................................. 12
B.     Kritik dan saran........................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA



[1] Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. dkk., Manajemen Pendidikan, prenada media group cet 2, hal : 348-349
[2] Sayid Ahmad Al-Hasyimi, Terjemah Mukhtarul Ahadis,Pustaka Amani Jakarta(1995) Hal : 357

[4] مسند احمد , hadits ke-4764, juz 8, h. 383

[5] صحيح البخاري hadits ke-6035, juz5, h.2358 باب قول النبي صلى الله عليه و سلم ( كن في الدنيا كأنك غريب أو عابرسبيل
[6]   الجمع بين الصححين البخاري و المسلم, الباب أفراد البخاري, الجزء الثاني , صفحة 214, محمد بن فتوح الحميدي
[7]للبيهقى الْأَرْبَعُوْنَ الصُّغْرَى تَأْلِيْفٌ ا حْمَد بْن الْحُسَيْن بْنِ عَلِيٍّ،الْبَيْهَقِيُّ،أَبُوْ بَكْر, دَارُ الْكِتَاب الْعَرَبِيِّ بَيْرُوْت, h. 73
[8] السنن الكبرى للبيهقي وفى ذيله الجوهر النقي, juz 3, h. 369
[9] السنن الترمذي الباب قصر الأمل , juz 4, h. 567
[10] المعجم الكبير, juz 12, h. 398
[11] الإمام السيوطي, جامع الأحاديث, juz 15, h. 406
[12] Ibid., الباب النداء مع بقية العين, juz 33, h. 299
[13] رياض الصالحين, أبي زكريا يحيى بن شرف بن مرّي النووي,juz 1, h. 293, باب فضل الزهد فى الدنيا
[14]التحفة الربانية شرح الأربعين النووية ,  فضيلة الشيخ العلامة / إسماعيل بن محمد الأنصاري ( يرحمه الله ), الباحث في دار الإفتاء بالمملكة العربية السعودية, h. 41
[15]العلامة/صالح بن عبد العزيز, شرح الأربعين النووية, h. 82
[16] صحيح البخاري hadits ke-6035, juz 5, h.235 باب قول النبي صلى الله عليه و سلم ( كن في الدنيا كأنك غريب أوعابر
[17] الأربعون النووية بتعليقات الشيخ ابن عثيمين , juz 1, h. 81
[18] فتح الباري على صحيح البخاري  , للفيروزي آبادي في البصائر,
[19] العلامة/صالح بن عبد العزيز, شرح الأربعين النووية, h. 82
[22] Drs. M. Solahudin, M. Ag & Agus Suyadi, Lc. M. Ag. Ulumul hadits (pustaka setia, bandung : 2009)cet-1, h. 155
[23] التحفة الربانية شرح الأربعين النووية ,  فضيلة الشيخ العلامة / إسماعيل بن محمد الأنصاري ( يرحمه الله ), الباحث في دار الإفتاء بالمملكة العربية السعودية, h. 41
[24] الأربعون النووية بتعليقات الشيخ ابن عثيمين , juz 1, h. 81
[25]http://www.ksaislam.com/vb/showthread.php?p=160028
[26] Buku Terjemah Arba;in Nawawi, sumber dari http:ll www.geocities.coml bahantarbiyyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar